Jumat, 21 Desember 2012

PENYAKIT JANTUNG


“ Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”(Yunus:57) 


Rosululloh shollallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : “Hendaklah kalian menggunakan dua macam obat: madu dan Al-Qur’an.”(HR. Bukhari-Muslim)


Jantung atau qolbun merupakan organ yang paling sibuk dan bekerja tak kenal istirahat selama 24 jam memompa darah antara 4500-7500 (8000) liter setiap hari. Bayangkan organ sebesar kepalan tangan yang terletak dibalik dada sisi kiri ini bekerja tak kenal lelah sepanjang usia manusia. Siapakah yang menciptakan dan memberinya tenaga sehingga mampu bekerja puluhan bahkan ada yang lebih dari seratus tahun?
Adakah mesin ciptaan manusia yang mampu bekerja 24 jam selama puluhan tahun tanpa istirahat sedikitpun dengan tanggung jawab dan beban kerja sedemikian berat? Subhanalloh...

Pada umumnya keluhan jantung bersumber pada menurunnya kemampuan jantung memompa dan mengalirkan (mendistribusikan) darah ke seluruh tubuh. Adapun dalam kedokteran konvensional ada sejumlah istilah untuk derita jantung antara lain:

Sakit Dada/ Angina Pectoris: Sakit dada sewaktu beraktivitas; ini bisa termasuk kesibukan sehari-hari. Rasa sakit akan berkurang/ membaik dengan istirahat.

Serangan Jantung/ Heart Attack: Sakit dada yang sangat disebabkan oleh matinya suatu daerah dari otot jantung ketika suplai darah sama sekali terhenti.

Gagal Jantung/ Heart Failure: Sesak napas dan bengkak pergelangan akibat dari jantung yang tidak dapat memompa cukup baik untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Gangguan Irama Jantung/ Aitmia: Detak jantung yang tidak teratur yang dapat mengakibatkan palpitasi dan sesak napas; Penyakit Arteri Koroner: penyakit dari pembuluh darah koroner; Penyakit Jantung Iskemik: penyempitan pembuluh darah berakibat iskemik yaitu absennya suplai darah ke otot jantung.

Adapun untuk nama penyakit dikelompokkan dengan nama:

Penyakit Jantung Koroner (PJK):
Penyakit jantung koroner adalah penyakit pembuluh darah koroner dan bukan satu-satunya penyakit yang menyerang jantung, tetapi adalah yang sejauh ini paling umum di seluruh dunia.

Penyakit Jantung Bawaan:
Kelainan (abnormalitas) dari jantung yang terdapat waktu lahir, seperti lubang di dalam jantung;

Penyakit Otot Jantung:
Penyakitt yang terutama menyerang otot jantung daripada pembuluh darah;

Penyakit Klep Jantung:
Kerusakan atau kelainan dari salah satu dari 4 katup yang mengontrol aliran darah di jantung;

Penyakit Gangguan Irama Jantung:
Denyut jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan debar jantung (palpitasi) dan sesak napas.

Sementara gejala umum penyakit jantung antara lain:

1.      Nyeri dada (umumnya dirasakan di dada sebelah kiri)
2.      Perasaan tidak nyaman yang diakibatkan berkurangnya suplai darah ke otot jantung.
3.      Serangan jantung (infark miokard), yaitu keadaan dimana otot jantung tiba-tiba tidak mendapat suplai darah akibat penyumbatan mendadak arteri koroner oleh gumpalan darah karena pecahnya plak (gumpalan lemak),
4.      Jantung berdebar-debar
5.      Sakit kepala
6.      Nafas pendek atau tersengal-sengal
7.      Tekanan darah tinggi
8.      Dan gejala-gejala umum lainnya, yang meliputi perasaan-perasaan tertentu seperti kemarahan, kegembiraan dan perasaan negatif lainnya juga dapat mempengaruhi atau memperberat penyakit jantung ini.

Sumber artikel : Tabloid Bekam Edisi 8/ TH. II/ 2011
sumber gambar :  http://www.coronary-arteries.org/doc/human-heart-color-diagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar